Mata Kuliah Semester Dua Teknik Telekomunikasi

Posted by Muhammad Faizal Furqon On Sabtu, 21 Juli 2012 0 comments

Hoy...hoy..
Mahasiswa baru Teknik Telekomunikasi, terinspirasi dari postingan dari kakak kelas, saya juga mau share tentang matkul di semester 2  (mumpung belum lupa)  untuk D3. kalo D4 ga jauh beda dan ada matkul yg akan D3 pelajari kedepannya hehe ,kurang lebihnya bisa ditanyakkan.


1. Agama (Dosen : Bpk. Haeruman)
Ga beda jauh SMA :D, tapi ini lah kesempatan kalian dapet nilai gede, karena agama 3 SKS :D

2. Rangkaian Listrik II (Dosen : Bpk. Usman B. Hanafi)
Lanjutan dari RL semester 1, cuma di semester ini ga terlalu banyak analisis rangkaian banyaknya itungan. Tapi banyak yg bilang lebih gampang RL II dari RL I.

3. Rangkaian Logika/Digital (Dosen : Ibu Mina N. Gani / Bpk. Eril Mozef)
Di semester 2 ini kalian bakal dapet materi baru, dan setelah UTS kalian bakal disuruh bikin yg namanya proyek. Proyek disini adalah berupa alat yang menyangkut materi yg udah dipelajari. Ada yg bikin alat penghitung, pendeteksi, alarm, pokoknya banyak alat yg bisa dibuat dan dikembangin dan ini dibuat per kelompok :)

4. Rangkaian Elektronika Analog I (Dosen : Bpk. Ridwan Solihin/Bpk. Vitrasia)
Disini kalian belajar lebih dalam yang namanya dioda, transistor, dan bnyak lagi komponen. Matkul ini juga bisa jadi pendamping kalian bikin proyek, bahkan bisa jadi vital karena disini kita bisa paham prinsip kerja suatu komponen.

5 Desain Elektronika (Dosen: Bpk. Tata Supriyadi)
Satu lagi yang jadi pendamping kalian menempuh proyek di semester dua, karena disini kalian bakal belajar yang namanya desain suatu alat (chasing, PCB, dan visual lainnya yg bikin daya tambah buat proyek kita). Tapi sebelum kesana kalian bakal nemu yg namanya gamtek/gambar teknik. dimana kalian bakal gambar sesuatu dengan detail yang kadang negribetin (tebal pensil, tebal garis, tebal jangka, dan lain-lain) tapi seru ko, dan akhirnya kita juga dapet tutorial program/software pendukung :)

6. Bengkel Elektronika (Dosen: Bpk. Tatang Sukmana/ Bpk. Ashari)
Disini kalian bakal belajar dasar teknik penyolderan, pembuatan jalur di PCB, peng-echingan PCB, nge-bor PCB dll. yang pasti asik dan bakal rame banget.

7. Bengkel Mekanik (Dosen : Bpk. Sanam Herlambang/Bpk Taviv)
Nah ini dia matkul yang rame banget.. karena kalian akan menjadi serasa kuli-ah di satu semester ini..hehe 
Pake Warepack/baju terusan yg dipake pertama dan terakhir..hehe 
yg dipelajarinya diantarnya, teknik gergaji, ngikir, nge-bor, dan banyak hal lain yang bisa dikreasikan di media besi. Semua awalnya pada ga tahan, tapi kesininya rame banget, buat cewe perkasa bisa jadi kelar duluan dibandingkan cowo..hehe. bagi yang kurang bisa dibantuin cowo-cowo juga bisa (modus)hehe

8. Bahasa Inggris (Dosen: Menyesuaikan dari kebijakan MKU)
Sama aja kaya di semester 1, tapi mungkin lebih expert.

9. Matematika Terapan II (Dosen: Bpk. Endang Habbinudin)
Lanjutan dari semester 1 :), mulai dengan materi baru yang pasti aplikatif ke mata kuliah lain termasuk RL

Oke deh tetap semangat yap ngeliat matkul yg rame abis di telekomunikasi ini :)
hidup TEKNIK TELEKOMUNIKASI !!!

0 comments:

Posting Komentar